Rabu, 28 Januari 2015

Budidaya dan Kegunaan Buah Apel


Buah-buahan memiliki banyak macamnya. Anggur, pisang, nangka, dan lain-lain adalah contohnya. Buah umumnya makanan pencuci mulut ataupun makanan pengganti bahan pangan pokok. Buah dapat dengan mudah ditemui di setiap sudut wilayah. Buah tentunya ada yang boleh dan tidak boleh dimakan.

Apel adalah suatu buah yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Apel yang terkenal dari Indonesia adalah Apel Malang. Apel ini memiliki rasa yang manis dan kesegaran yang menyejukkan ketika dikunyah serta tidak lupa kandungan atau khasiat yang dimiliki oleh apel ini juga tergolong tinggi.
 
Persyaratan tumbuh bagi tanaman apel antara lain:
  1. Curah hujan yang ideal adalah 1.000-2.600 mm/tahun dengan hari hujan 110-150 hari/tahun. Curah hujan yang tinggi saat berbunga akan menyebabkan bunga tidak dapat menjadi bunga.
  2. Tanaman apel membutuhkan cahaya matahari antara 50-60% setiap harinya.
  3. Suhu yang ideal bagi tanaman ini adalah 15-27 derajat Celcius.
  4. Kelembapan udara yang cocok adalah 75-85%.
  5. Ph Tanah yang dibutuhkan berkisar 6-7 dengan kandungan air yang cukup.
  6. Tanah harus dalam bentuk terasering, karena Tanah dalam bentuk miring akan menyulitkan perawatan tanaman.
  7. Ketinggian tanaman apel yang cocok berkisar 700-1200 mdpl.
Perbanyakan tanaman apel dapat menggunakan metode vegetatif dan generatif. Perbanyakan yang umumnya digunakan oleh petani apel adalah perbanyakan metode vegetatif. Hal ini dikarenakan perbanyakan generatif memakan waktu yang lama dan sering menghasilkan bibit yang menyimpang dari induknya. Teknik perbanyakan generatif dengan menggunakan biji, teknik perbanyakan vegetatif dengan cara okulasi atau penempelan tunas (budding).
 
Dalam penanaman, jarak tanam yang digunakan umumnya 3x3 m. Lubang tanam umumnya 50x50x50 cm sampai 1x1x1 m. Kemudian, setiap lubang diberikan pupuk kandang minimal 20 kg (deptan).

Khasiat buah apel juga tidak kalah bersaing dengan buah yang lain, yaitu:
  1. Dalam mengonsumsi, buah apel mengandung serat sebanyak 5 gr atau 20% kebutuhan setiap harinya.
  2. Apel dapat menurunkan resiko asma, kanker paru-paru, dan lain-lain.
  3. Kandungan pectin dan polifenol apel dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah kolesterol jahat. Maka, konsumsilah buah apel beserta dengan kulitnya dan juga cucilah terlebih dahulu.
  4. Buah apel berkhasiat untuk membuat otak tetap tajam dalam mengingat. Hal ini karena apel dapat meningkatkan produksi asetilkolin.
  5. Kaya akan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B9, dan vitamin C.
  6. Kaya akan mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, zat besi, dan zinc.
  7. Sebagai buah penyegar mulut
  8. Kandungan Pektin akan mengurangi resiko penyakit jantung.
  9. Pelindung mata dari penyakit katarak.
Buah apel memiliki banyak khasiat. Cukup mengonsumsi satu buah setiap hari, maka kita akan sehat dan terjaga dari berbagai penyakit dengan pengonsumsian yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar