Rabu, 14 Januari 2015

Berwisata Menuju Pantai Kondang Merak

 
 
Pantai adalah suatu tempat wisata yang tidak ada habisnya untuk dikunjungi. Banyak pemandangan-pemandangan yang indah dan memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Banyak pantai yang telah dikunjungi dan setiap pantai memiliki pesonanya masing-masing. Salah satu pantai yang akan dibahas kali ini adalah Pantai Kondang Merak.Pantai Kondang Merak terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini dinamakan Kondang Merak karena pantai ini memiliki kondang (muara yang merupakan pertemuan air tawar dan laut). Panorama Kondang Merak dinilai cukup menggoda, garis pantainya lumayan panjang. Pasirnya putih bersih dan pepohonan di pinggir pantai membuat nyaman suasana di situ. Pantainya agak berlumut dan memiliki banyak terumbu karang, spons dan kerang di sekitar pantainya. Di tepi pantai kita bisa menemukan berbagai binatang laut seperti gurita kecil, landak kecil, mentimun laut, ikan-ikan kecil atau lobster yang bersembunyi di sela-sela karang.
 
Air ombak di pantai ini memang berada jauh dari bibir pantai. Sehingga kita bisa bermain hingga batasan batuan besar di pantai. Seperti pantai yang sedang surut, kita disitu bisa berfoto, mencari hewan laut, mencari karang, dll. Pantai Kondang Merak ini masih indah dilihat karena pantai ini masih bersih. Memang jarang ada pengunjung disini, terutama saat saya berkunjung, sehingga kebersihan di pantai ini masih terjaga.
 
Tidak jauh dari pantai, di pinggiran pantai terdapat kampung nelayan. Kampung penduduk yang memang berprofesi sebagai nelayan. Tidak terlalu padat kampung ini dan disinilah kita bisa bercengkrama dengan masyarakat dan berbincang-bincang tentunya.
 
Berekreasi ke pantai ini tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Kurang lebih membutuhkan waktu satu jam dari Kota Malang. Setelah kita melewati perkebunan tebu, nanti kita akan dipertemukan persimpangan jalan. Apabila kita lurus, akan menuju Pantai Balekambang. Apabila kita berbelok ke kiri, akan menuju pantai yang saya lupa namanya. Nah, kita ambil yang belok kanan. Trek menuju pantai memang tidak mudah. Jalanan berbatu dan banyaknya Tanah-Tanah yang masih lembut membuat perjalanan kita semakin tertantang. Kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke pantai. Setelah lelah di perjalan yang "memicu" adrenalin kita, kita akan disuguhkan oleh pesona pantai yang pasti bisa melepaskan kelelahan kita disitu. Cukup membayar Rp 5000 , kita bisa memasuki pantai.
 
Jalan menuju pantai setelah menemukan persimpangan jalan
 
Pantai Kondang Merak
 
Bersihnya air sehingga bisa mencari biota laut dan air laut hanya setinggi lutut orang dewasa, kita bisa berjalan disini.
 
Memang pesona alam tidak ada habisnya untuk kita ekspedisi dan eksplorasi. Hargailah alam dan alam akan menghargai kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar